Jumat, 26 Oktober 2007

Proyek PLTN: Perlu Penanganan Serius Pemerintah

Keseriusan pemerintah jika ingin melaksanakan proyek ini tak bisa ditawar-tawar lagi. Proyek dengan risiko setinggi ini harus memperkirakan segala kemungkinan dan dampak yang bisa saja terjadi. Karena kita sekarang berurusan dengan manusia dan alam. Kedua-duanya dapat diperkirakan namun tak dapat dipastikan. Sebaik apapun prosedur yang diterapkan, tetap saja ada kemungkinan human error. Kita harus belajar dari Jepang yang menerapkan standar tinggi bagi setiap reaktor nuklirnya. Tiap reaktor disana didesain dapat menahan gempa berkekuatan 6,5 skala richter. Bahkan kejadian gempa di Nigata pada 16 Juli lalu dengan besaran 6,8 skala richter dapat dilewati hanya dengan sedikit kebocoran yang dapat ditanggulangi oleh sistem pertahanan lapis lima pada reaktor Kashiwazaki-Kariwa.

Untuk menjamin keberlangsungan PLTN yang aman baik bagi manusia maupun alam peran serta masyarakat sangat diperlukan. Masyarakat harus menjalankan fungsinya dalam mengontrol pemerintah dan proyek-proyek yang dijalankannya. Terlebih lagi uang pajak dari masyarakat turut serta dalam proyek ini.




Fungsi kontrol ini dapat dilakukan dalam bentuk selalu mengawasi pelaksanaan proyek dan selalu menjadi mitra kritis dari pemerintah. Memang dalam pembangunan ini ada beberapa pihak yang diuntungkan secara langsung, khususnya investor dan PLN. Namun bagaimanapun proyek ini akan memberikan damapaik yang baik bagi masyarakat. Dan dilaksanankan untuk kepentingan masyarakat.

Mimpi akan listrik murah akan lebih mudah terwujud dengan efisiensi yang dijanjikan oleh PLTN. Tingkat inflasi yang biasanya mengikuti pergerakan TDL (Tarif Dasar Listrik) bisa dikurangi. Ketergantungan terhadadap bahan bakar fosil uga bisa kita kurangi, seperti pengalaman di Perancis yang delapan puluh persen kebutuhan listriknya disuplai PLTN, bahkan Perancis mampu mengekspor listrik ke berbagai negara tetangganya.

Namun, jangan sampai mimpi indah yang datang dari berbagai angka yang menjanjikan seputar pemanfaatan PLTN menjadi awal malapetaka bagi bangsa ini. Diperlukan keseriusan dan penanganan yang maksimal dari pemerintah untuk menjaga pelaksanaan proyek ini tetap berkesinambungan dan terus berada di jalur yang tepat. Kesalahan terkecil dalam proyek ini dapat berakibat pada bencana terbesar bagi bangsa ini. Jangan sampai berbagai kekhawatiran akan resiko bencana menutupi berbagai keberhasilan pemanfaatan moda energi yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Archives


M S S R K J S